Kamis, 22 Januari 2009

Peran Sosial Perusahaan

Pupuk Kaltim tidak melupakan ikatan dengan masyarakat sekitar, turut memberikan kebanggaan terhadap prestasi yang diraih oleh Pupuk Kaltim, dan mengajak serta generasi penerus untuk ikut berperan dalam setiap kegiatan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Pupuk Kaltim untuk masyarakat sekitar dan terus berprestasi antara lain adalah keberadaan Baitur Rahman, Paduan Suara Bontang PKT, Marching Band, dan fasilitas Audio Visual seperti radio dan stasiun televisi.

Marching Band
Dengan hampir 90% anggotanya merupakan pelajar sekolah kota Bontang, Marching Band PKT berhasil meraih enam kali juara Umum Grand Prix Marching Band Se-Indonesia sejak tahun 1996 hingga 2001 secara berturut-turut.


Bontang PKT
PS Pupuk Kaltim berdiri tanggal 18 Juni 1988. Saat itu kompetisi yang berjalan masih menggunakan Kompetisi Galatama. Nama PS Pupuk Kaltim sering disebut dengan nama PS PKT Galatama. Bahkan bagi warga Bontang, karyawan Pupuk Kaltim terutama, menyebut tim PS PKT sering dengan hanya "Galatama" saja. Memasuki Kompetisi Liga Bank Mandiri ke 8 tahun 2002 sampai dengan sekarang PS PKT berubah nama menjadi "PS Bontang PKT"


PKTV
PKTV (Publik Katulistiwa TV), sebuah stasiun TV Publik lokal milik Yayasan Baiturrahman, YPK dan Yayasan BIM yang menyiarkan program-program acara untuk pengembangan masyarakat. Mulai siaran sekitar tahun 1998.


Baitul Maal, Yayasan Baiturahman
Sumber dananya dari zakat dan sodaqoh dari karyawan muslim PT Pupuk Kaltim dengan pemotongan gaji per-bulannya. Dana disalurkan untuk 8 asnaf dari masyarakat sekitar Bontang. Baitul Maal mulai terbentuk tahun 1993/1994 dan tiap tahun menyalurkan dananya.
Dana yang telah disalurkan pada tahun 2000 lebih dari Rp 1 milyar. Sedangka pada tahun 2001 mencapai Rp 1,2 milyar.


Program Anak Asuh, Yayasan Baiturrahman
Programnya memberi bea siswa kepada anak asuh di sekitar Bontang. Program Anak Asuh mulai tahun 1992 dengan jumlah anak asuh pertahunnya sekitar 300 orang.


BMT (Baitul Mal wat Tanwil) Yayasan Baiturrahman
Sebuah lembaga keuangan non perbankan yang menyalurkan pengembangan dana untuk kegiatan perekonomian sektor informal. Berdiri tahun 1995.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar